DEMAM BERDARAH DENGUE

DEMAM BERDARAH DENGUE

Bunda, di Indonesia sedang musim penghujan nih, banyak sekali penyakit-penyakit yang sering muncul di musim ini. Salah satunya adalah demam berdarah dengue. Yuk supaya pengetahuan tentang demam berdarah bertambah, kita baca sedikit tentang penyakit ini.
ilustrasi-demam

APA SIH DEMAM BERDARAH DENGUE ITU ??

Demam berdarah mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat dunia ketika muncul di Manila pada tahun 1954 dan mewabah di negara itu.

DHF atau Dengue Hemorrhagic Fever atau Demam Berdarah Dengue adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyakit ini bisa menyerang anak ataupun orang dewasa.

Kasus demam berdarah banyak dijumpai di negara yang letaknya di daerah tropis dan subtropis karena nyamuk aedes aegypti suka sekali dengan lingkungan yang hangat.

Nyamuk aedes aegypti memiliki jam kerja dari pagi sampai sekitar jam 3 sore untuk menghisap darah. Berhati-hatilah terhadap gigitan nyamuk ini pada siang hari. Pada malam hari, nyamuk ini tidur.

APA SAJA GEJALA YANG DITIMBULKAN ??

  1. Demam tinggi selama 5 – 7 hari. Suhu badan sekitar 39 – 40 derajat celcius
  1. Demam tanpa disertai batuk-batuk.
  2. Mual, muntah, tidak ada nafsu makan, diare, konstipasi
  3. Nyeri otot, tulang sendi, abdomen, dan ulu hati
  4. Sakit kepala
  5. Pembengkakan sekitar mata
  6. Muncul bintik-bintik merah, tetapi hal ini tidak selalu terjadi pada setiap kasus

 

FASE-FASE YANG TERJADI JIKA SESEORANG TERINFEKSI VIRUS DEMAM BERDARAH DENGUE
pelana kuda

 

PENGOBATAN DEMAM BERDARAH DENGUE

Hal-hal dibawah ini bisa Bunda lakukan di rumah jika demam berdarah termasuk dalam kategori ringan (tentu Bunda harus berkonsultasi dengan dokter dulu, ya, Bun) :

  1. Berikan obat penurun panas atau parasetamol.
  2. Kompres agar panas tidak terlalu tinggi. Kompres sebaiknya dilakukan dengan air hangat, bukan dengan air dingin atau es.
  3. Minum air putih yang banyak. Penderita biasanya akan kekurangan cairan, dan air putih akan sangat baik untuk penderita. Air putih juga dapat membantu menurunkan panas.
  4. Makanan yang bergizi.

PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE

  1. Mencegah perkembangbiakan nyamuk di sekitar kita. Bunda dapat melakukan gerakan 3M yaitu Menutup tempat penyimpanan air, Menguras bak mandi dan Mengubur barang-barang yang tidak terpakai.
  2. Cegah kemungkinan benda-benda yang merupakan tempat berkembangnya larva nyamuk seperti pot bunga, kaleng bekas, ban bekas atau barang lainnya yang dapat menampung genangan air.
  3. Gunakan lotion atau spray anti nyamuk.
  4. Gunakan bubuk abate.

Demam berdarah dengue tidak bisa disebut sebagai penyakit yang ringan karena penyakit ini bisa menimbulkan kematian. Maka dari itu kita harus mengupayakan pencegahan semaksimal mungkin untuk melindungi orang-orang di sekitar kita.

Baiklah, itu sekilas tentang DBD, sampai jumpa di artikel selanjutnya, Bunda.

25/05/2016 Posted in Uncategorized