Pelayanan Rawat Inap

Pelayanan ini bisa untuk pasien ibu melahirkan, pasien anak yang memerlukan perawatan sehingga harus rawat inap, pasien bayi yang memerlukan intensif care, dan pasien perempuan dengan kasus bedah. Adapun penjelasan tata cara untuk pasien yang datang untuk rawat inap, sebagai berikut :

1. Pasien Datang
Pasien yang datang untuk rawat inap biasanya ada yang datang sendiri karena sudah mengetahui tentang Rumah Sakit Ibu dan Anak PURI baik dari segi lokasi atau fasilitas yang ada di Rumah Sakit Ibu dan Anak PURI, ada juga yang datang untuk rawat iap karena rujukan dari dokter, bidan, ataupun dari rumah sakit lain.

2. Pendaftaran Pasien
Pasien melakukan pendaftaran di tempat pendaftaran yang terdapat di recepsionist. Kemudian oleh bagian pendaftaran di jelaskan mengenai ruang perawatan yang akan di tempati oleh pasien, tarif, dan lain sebagainya. Setelah pasien menyetujui dan bersedia untuk rawat inap, maka bagian pendaftaran mengisi data-data dari pasien dan pemberian nomor registrasi untuk data pasien.

3. Ruang Bersalin / Ruang Tindakan
Apabila pasien datang dengan kasus persalinan normal, maka dilakukan pemeriksaan di kamar bersalin mulai dari awal sampai akhir proses persalinan.
Tetapi apabila pasien datang hanya karena memerlukan perawatan saja, maka di lakukan pemeriksaan di ruang tindakan.

4. Kamar Operasi
Untuk pasien yang memang memerlukan tindakan operasi baik itu Sectio Caesar, maupun tindakan operasi lainnya seperti operasi appendix, myoma, tumor, dll.

5. Ruang Perawatan
Pasien akan menempati ruang perawatan sesuai permintaan pasien dan menerima segala fasilitas yang tersedia di kamar.

6. Penyelesaian Administrasi
Setelah pasien di nyatakan sembuh dan di perbolehkan untuk pulang oleh dokter, untuk kemudian pasien segera menyelesaikan administrasi pembayaran di bagaian kasir. Apabila pasien di jamin oleh Asuransi/Perusahaan, maka bagian kasir akan mengklarifikasi ke Asuransi/Perusahaan tersebut apakah biayanya di tanggung seluruhnya atau hanya sebagian. Untuk biaya yang di tanggung seluruhnya, pasien hanya menandatangani perincian biaya. Tetapi bila biaya yang di tanggung hanya sebagian, maka pasien wajib membayar sejumlah biaya yang tidak di tanggung oleh Asuransi/Perusahaan.

7. Pengambilan Resume Medis
Pasien dapat meminta hasil Resume Medis selama perawatan Rumah Sakit Ibu dan Anak PURI kepada bagian Rekam Medis.

8. Pasien Pulang
Pasien bisa dinyatakan pulang atau keluar oleh dokter apabila dalam kondisi sebagai berikut :
Pasien dalam keadaan benar-benar sembuh.
Pasien dinyatakan boleh pulang dengan catatan berobat jalan.
Pasien dinyatakan boleh keluar dengan alasan dirujuk ke rumah sakit lain karena alasan tertentu.

[/cws-widget]